Monday, March 30, 2020

Tips Mengatasi Bosan di Rumah Saat Corona Melanda

                      Sumber gambar : Pixabay.com
Sudah beberapa pekan berlalu, himbauan pemerintah agar tetap di rumah dijalankan. Walaupun ada banyak pihak yang tidak bisa menerapkan karena berbagai faktor. Anjuran ini bukan tanpa alasan yaitu adanya pandemi corona yang penyebarannya sangat cepat. Karena belum bisa melakukan lockdown seperti negara lain karena berbagai pertimbangan, pemerintah meminta kesadaran pada masyarakat yang tidak mempunyai kepentingan mendesak agar di rumah saja. Penyebaran yang sangat cepat dibuktikan dalam dua minggu terakhir penderita yang dinyatakan positif mencapai lebih dari 1000 orang.

Meskipun penyebarannya tergolong cepat untuk saat ini, sebaiknya hal tersebut tidak menimbulkan kepanikan berlebihan. Rasa takut yang berlebihan akan membuat kekebalan tubuh berkurang. Saat berada dibawah tekanan psikologis hebat (misal: ketakutan berlebihan) maka tingkat adrenalin serta  kortisol kita akan meninggi dan dapat berdampak pada kekebalan tubuh. Adrenalin merupakan hormon yang secara alamiah dihasilkan oleh tubuh dibagian kelenjar adrenal dan otak. Rasa takut biasanya akan merangsang produksi adrenalin secara berlebih. Jika adrenalin masuk dalam aliran darah jantung berdetak lebih cepat, pembuluh darah melebar. Akibatnya kita akan merasakan panas karena produksi keringat meningkat, serta napas menjadi lebih cepat. Jika ini terjadi terus menerus akan menyebabkan gelisah dan mudah marah, insomnia, sakit kepala bahkan memicu hipertensi. Kortisol merupakan hormon yang berkaitan dengan adrenalin yang salah satu fungsinya untuk mengendalikan stress. Jika berlebih maka mood seseorang bisa terganggu, kekebalan menurun, dan peradangan. 

Selain karena efek himbauan "dirumah saja" dan WFH (Work From Home) dalam waktu yang tidak sebentar, pikiran kita juga sedikit terganggu dengan munculnya pemberitaan tentang penambahan orang yang positif dengan Covid-19, meskipun ada beberapa yang sembuh. Hampir 90% Notifikasi dalam ponsel pintar kita dipenuhi dengan berita yang membahas Covid-19 dari seluruh dunia. Akibatnya kita jadi merasa bad mood,  jenuh dan kadang uring-uringan karena merasa ruang gerak tidak bebas. Ada baiknya hal ini kita sikapi secara bijak, misalnya dengan memandang segalanya dari segi positif (positif thinking) mengubah kegalauan menjadi kesenangan. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa bosan saat dirumah.

1. Memanfaatkan Quality Time Bersama Keluarga
ketika kita diharuskan social distancing dan physical distancing saat diluar rumah, tapi tidak demikian ketika berada dirumah. Saat sebelumnya kita lebih banyak beraktifitas  diluar rumah (kerja, tugas luar kota, sekolah, les, atau bahkan sekolah asrama/pondok) maka kali ini kita bisa lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Mengganti beberapa waktu yang lebih banyak habis di luar bersama mitra, teman dll, kali ini kita fokuskan waktu untuk bersama keluarga. Mulai dari makan bersama, mengerjakan tugas bersama bahkan bisa nonton tv bersama. 

2. Mengembangkan Hobi
Hobi yang sempat tertunda atau mungkin tidak bisa dilakukan karena tuntutan kewajiban, kali ini mungkin bisa dilakukan. Mungkin dari kesempatan dispensasi libur yang cukup lama ini bisa dikembangkan hingga menjadi bisnis sampingan misalnya: yang memiliki hobi memasak dikembangkan berbagai menu kreatif lalu mengupload di media sosial. Siapa tahu ada yang tertarik dan memesannya. Hobi berternak misalkan beternak burung/ ayam/ ikan. Jika dilakukan dengan telaten maka akan berkembang biak menjadi lebih banyak. Selain dijual, hasilnya bisa dinikmati sendir. Dan masih banyak lagi hal yang bisa dikembangkan seperti melukis, menulis ataupun yang lainnya. Intinya tetap produktif meski dirumah.

3. Mengubah Suasana
Mungkin dengan mengubah dekorasi rumah, tatanan rumah bahkan mengganti warna cat rumah bisa menghilangkan kebosanan. Terlebih jika semua dilakukan sendiri atau bersama keluarga, kita bisa mendesain gambar, tulisan sesuai dengan keinginan kita. Jikapun ide sedang buntu kita bisa melihat tutorialnya di youtube, instagram, facebook dll. 

4. Berselancar di Dunia Maya
Tetap update dengan berita di luar melalui media sosial. Selain itu dari internet kita bisa menambah pengetahuan kita, dan belajar banyak hal. Tidak hanya berupa tulisan tapi juga dengan gambar dan tutorial.

Semoga beberapa cara diatas bisa membuat perasaan bosan dirumah menjadi semangat dalam menghadapi cobaan. Mengeluh ataupun takut tidak akan memberikan jalan keluar. Perasaan bahagia dan semangat menjalani hari justru akan memberikan energi positif pada tubuh kita. 

Penulis : Tites Nosiani, S. Pd (Guru MA An-Nur) 

0 comments:

Post a Comment