Monday, March 9, 2020

Hadapi kesulitan dan jadilah pemenang


            Sumber gambar : Dokumentasi OSIS 2019/2020

Dalam hidup ini banyak orang yang mengeluh saat mendapat kesulitan. Padahal sebenarnya didalam kesulitan tersimpan pelajaran  yang sangat berharga. Sebuah pelajaran yang tidak pernah bisa terbeli dengan materi. Mengeluh saat menghadapi masalah memang sangat manusiawi. Tetapi jika hanya berkeluh kesah dan tidak berusaha mencari solusi sama artinya dengan membuang waktu percuma dan tentunya kita akan merugi.

Kesulitan adalah pelengkap dari perjuangan yang kita lakukan. Tanpa adanya kesulitan, perjuangan akan terasa hambar dan tidak lagi berkesan. Jadi kalau harus mengeluh sewajarnya saja, setelah itu menata langkah untuk menghadapinya. Kesulitan-kesulitan yang kita hadapi sebenarnya adalah tangga untuk kita naik ke level yang lebih tinggi lagi.

Bukankah jika ingin naik kelas, setiap siswa harus mengikuti ujian? Begitupun dalam kehidupan ini, ketika kita akan naik ke tingkat yang lebih tinggi maka kita akan menghadapi ujian. Salah satu bentuk ujian adalah kesulitan. Misalnya saja kesulitan dalam mewujudkan apa yang dicita-citakan. Dalam menghadapi kesulitan mental kita akan dilatih untuk menjadi pejuang yang tangguh. Pejuang yang tidak mudah menyerah sebelum impian ditangan. Karena untuk mendapatkan mental yang tangguh tidak pernah bisa kita dapatkan dari sebuah kenyamanan. Mental yang tangguh hanya bisa didapatkan dari sebuah kesulitan.

Dalam menghadapi sebuah kesulitan maka seharusnya kita tertantang untuk menaklukannya. Bukan malah lari dan menghindarinya. Jika  sedikit saja mengalami kesulitan lalu mengeluh dan tak tidak mau menghadapi. Maka sampai kapanpun kita tidak akan bisa menaklukkan kesulitan tersebut. Akibatnya mental kita akan menjadi mental yang mudah mengeluh, mudah menyerah dan malas untuk berjuang. Jika hal ini terjadi tentunya saja diri sendiri yang akan rugi. Orang lain sudah menuai beragam keberhasilan, sedangkan kita masih jalan di tempat dan belum mendapatkan apa-apa.

Tetapi jika kita menghadapi kesulitan dengan penuh semangat perjuangan dan tanpa mengeluh maka hasilnya pasti akan berbeda. Mental kita akan terbiasa menghadapi kesulitan. Kegagalan adalah hal biasa bagi seorang pejuang. Sehingga ketika menemui kesulitan demi kesulitan dalam meraih impian, mental kita sudah terlatih sehingga tidak mudah menyerah dan putus asa hanya karena sebuah kesulitan. Kesulitan demi kesulitan adalah bumbu penyedap yang akan membuat perjuangan kita semakin terasa istimewa dan luar biasa.

Selain itu juga kesulitan yang kita dapatkan mengajarkan kepada kita arti tentang kesabaran dan juga kerja keras. Kita jadi tahu bahwa untuk meraih sesuatu harus butuh kesabaran dalam arti usaha yang dilakukan harus  secara terus menerus dan juga mau bekerja keras. Orang bijak berkata jika ingin sukses maka kita harus mau menggadaikan waktu bersantai kita dengan bekerja keras. Nah, melalui kesulitan ini maka kita akan terlatih untuk bekerja keras, tidak mudah mengeluh dan tidak mudah menyerah. Tidak ada ada kesuksesan yang diraih secara instant. Butuh mental yang tangguh dan juga kerja keras untuk menaklukan tantangan sebelum kesuksesan ditangan.  Maka dari itu kesulitan yang kita hadapi semakin membuat mental pejuang kita semakin terasah dengan baik.

Satu lagi pelajaran berharga dari kesulitan adalah memudahkan kita untuk mengahadapi masalah lain yang lebih besar lagi dan jauh lebih sulit dari sebelumnya. Sehingga dari kesulitan tersebut kita menjadi lebih sabar lagi, lebih tangguh lagi dan tentunya lebih bijaksana lagi. Jadi jika ada kesulitan tidak perlu mengeluh apalagi lari menghindari tetapi hadapi dan jadilah pemenang sejati.

Penulis : Sulistiani, S. Sos. I (Guru MA An-Nur )

0 comments:

Post a Comment